Prospek Lulusan dan Kebutuhan di Masyarakat


  22 February 2012, 12:52:18 (102 hits) | Print Cetak artikel ini

Kesehatan Masyarakat
Prospek Lulusan di Kesehatan Masyarakat

  1. Menjadi tenaga kesehatan masyarakat, khususnya program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di perusahaan internasional.
  2. Berpeluang meniti karir menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Perusahaan Asuransi Kesehatan, Rumah Sakit dan melanjutkan jenjang pendidikan S2 menjadi Dosen Perguruan Tinggi.
Kebutuhan Tenaga Kesehatan Masyarakat
Perkembangan kebutuhan Tenaga Kesehatan Masyarakat yang semakin meningkat terutama disektor perusahaan nasional maupun internasional, khususnya di perusahaan yang mengembangkan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Keperawatan
Prospek Lulusan di Keperawatan
  1. Masih tingginya peluang kerja keperawatan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  2. Merupakan pekerjaan yang sangat mulia, yaitu membantu orang sakit dalam meningkatkan derajat keperawatan.
  3. berpeluang meniti karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), menjadi perawat profesional di Rumah Sakit dan melanjutkan ke jenjang pendidikan S2 untuk menjadi dosen perguruan tinggi.
Kebutuhan Tenaga Perawat/Profesi Keperawatan (Ners)
DI DALAM NEGERI: Semakin meningkatnya jumlah penduduk dan perusahaan kebutuhan masyarakan terhadap kesehatan, dalam hal ini bertumbuh kembangnya Sarana Pelayan Kesehatan (antara lain, Rumah Sakit) baik pemerintah maupun swasta khususnya di negara Indonesia, sehingga kebutuhan tenaga perawat meningkat.
DI LUAR NEGERI: Kebutuhan tenaga perawat di negara-negara maju sangat melonjak. Hal ini menyebabkan kebutuhan tenaga perawat di dunia Internasional turut meningkat. Khususnya negara Jepang yang mempunyai perjanjian dengan negara Indonesia, sangat membutuhkan tenaga perawat lulusan STIKes Mahardika Cirebon lebih berkonsentrasi untuk memenuhi kebutuhan tenaga perawat ke negeri sakura ini.

Kebidanan
Prospek Lulusan di Kebidanan
  1. Lulusan tenaga bidan yang masih dibutuhkan sangat tinggi
  2. Lulusan dapat langsung membantu persalinan
  3. Dapat membuka Praktek Bidan Mandiri (BPS)
  4. Merupakan perkerjaan yang sangat mulia
  5. Berpeluang meniti karir di Pegawai Negeri Sipil (PNS), Rumah Sakit dan melanjutkan ke jenjang D4 pendidikan atau klinik
Kebutuhan Tenaga Bidan di Indonesia
Angka kematian ibu dan bayi masih tinggi, sehingga dalam hal ini pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa disetiap desa mempunyai 1 (satu) Bidan Desa.

Rekam Medis
Kebutuhan Tenaga Kerja Rekam Medis
Perkembangan kebutuhan tenaga Rekam Medis untuk meningkatkan tertib administrasi dalam rangka meningkatkan pelayanan prima terhadap pasien mutu kesehatan baik di poliklinik, puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan ataupun instansi kesehatan lainnya.
  1. Masih tingginya peluang kerja rekam medis, baik di dalam maupun di luar negeri
  2. Meningkatkan pelayanan administratif dan meningkatkan kualitas mutu Rumah Sakit
  3. Kebutuhan tenaga rekam medis mencapai 3.503 orang belum termasuk instansi swasta, baik rumah sakit, balai pengobatan, praktek dokter dan instansi kesehatan lainnya
  4. Berpeluang meniti karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), menjadi tenaga Rekam Medis profesional di Rumah Sakit, Puskemas dan Dinas Kesehatan