Paduan Suara


Tahun Berdiri: 2006

Nama lengkapnya adalah Paduan Suara Mahasiswa STIKes Mahardika, PSM Mahardika sebagai salah satu dari sekian banyak unit kegiatan mahasiswa yang ada di STIKes Mahardika, berkiprah di bidang seni suara khususnya paduan suara. PSM Mahardika menjadi sarana bergabungnya para mahasiswa/i STIKes Mahardika Cirebon yang berkeinginan untuk menyalurkan bakatnya di bidang seni suara.

PSM Mahardika memfokuskan diri pada teknik Choral Sound dalam latihan-latihannya, dimana jenis suara ini menjadi tren paduan suara saat ini seperti halnya dipraktekan oleh banyak kelompok paduan suara ternama. Dengan teknik ini lagu dapat dinyanyikan dengan pernafasan yang baik dan dapat menghasilkan suara yang fokus, beresonansi dan enak didengar.

UKM PSM Mahardika berdiri sejak tahun 2006 oleh Ketua STIKes Mahardika sebagai pendiri, namun saat itu belum menjadi UKM dan hanya berdiri independen hingga pada tahun 2007 disahkan menjadi salah satu UKM di STIKes Mahardika Cirebon. PSM Mahardika cukup berperan dalam berbagai acara serta kegiatan intern maupun ekstern, seperti didaulat mengisi acara pada Raker Cab. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Cirebon di Hotel Jamrud Cirebon, juga didaulat dalam penyambutan Gubernur Jawa Barat, H. Akhmad Heryawan, Lc pada saat peletakan batu pertama pembangunan gedung auditorium di kampus STIKes Mahardika Cirebon.

Kegiatan-kegiatan rutin PSM Mahardika antara lain:

  • Latihan rutin setiap hari Senin dan Jumat, pukul 13.30-17.00 bertempat di Ruang Aula STIKes Mahardika Cirebon
  • Melaksanakan tugas-tugas dari Kampus untuk menyanyi pada upacara-upacara hari besar seperti acara rutin wisuda setiap tahunnya