Diet Seimbang Cocok bagi Pasien Diabetes Mellitus, Berikut Penjelasannya

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit degeneratif yang dapat bertambah parah apabila tidak diimbangi dengan pengaturan diet yang baik. Pengelolaan Diabetes Mellitus Tipe 2 salah satunya dapat dilakukan dengan diet yang seimbang.

Namun kendala penanganan diet Diabetes Mellitus adalah kejenuhan pasien mengikuti terapi diet dan kurangnya dukungan keluarga.

Diabetes Mellitus atau kencing manis adalah penyakit gangguan metabolisme gula darah yang disebabkan abnormalitas hormon insulin sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah.

Dosen STIKes Mahardika Cirebon, Nonok Karlina, M.Kep., Ns.Sp.kep.MB menyebutkan penderita Diabetes yang menjalani diet seringkali kesulitan untuk memilih makanan. “Alasannya, takut kadar gula darahnya semakin naik sehingga memperparah penyakitnya,” ungkapnya saat ditemui Selasa (29/3)

Noki panggilan akrabnya mengatakan Prinsip utama diet diabetes melitus sendiri adalah mempertahankan pola hidup sehat seumur hidupnya. Oleh sebab itu, yang terpenting penderita diabetes tetap bisa menjalani diet dengan pengaturan makan yang konsisten.

Pengaturan makan bagi penderita diabetes diantaranya :

  1. Makan tiga kali sehari dan jangan lewatkan waktu makan
  2. Lengkapi setiap porsi makan dengan makanan karbohidrat yang lebih kompleks meliputi roti gandum, oat, dan kentang.
  3. Makan lebih banyak buah dan sayuran. Makan 3 – 5 porsi sayur sehari secara perlahan namun teratur.
  4. Kurangi gula dan makanan manis. Diet bebas gula tidak perlu benar- benar dipatuhi dengan ketat, gula dapat dipakai sebagai salah satu bahan didalam makanan, misalnya didalam sereal sarapan gandum utuh. Konsumsi maksimum gula sebesar 5% dari total kebutuhan energi sehari. Minuman manis dapat diganti dengan minuman bebas gula.
  5. Kurangi garam dengan membatasi jumlah asupan makanan olahan serta garam tambahan. Rempah dan bumbu dapat digunakan sebagai alternatif.

Disamping itu kata Noki yang juga sebagai Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STIKes Mahardika ini bahwa dalam melaksanakan diet, bagi penderita diabetes ini harus mengikuti anjuran 3J, yaitu jumlah makanan, jenis makanan dan jadwal makanan.

“Karena jenis dan jumlah makanan yang banyak mengandung gula serta jadwal makan yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar gula darah. Mengikuti prinsip diet yang sehat dan tepat dapat membantu penderita diabetes mencapai berat badan ideal dan menjaga kadar gula darahnya tetap terkendali,”tukas Noki.

Bagikan: