Beasiswa Jalur PMR

I. Latar Belakang

STIKes Mahardika Cirebon merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang pertama di Kota Cirebon, sekaligus menjadikan kebanggaan masyarakat Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) dan sekitarnya. STIKes Mahardika Cirebon  hadir untuk menjadi pelopor dan juga solusi khususnya dalam Ilmu Kesehatan. Dengan tenaga pengajar yang profesional dalam bidangnya, STIKes Mahardika siap mengantarkan peserta didiknya menjadi mahasiswa yang handal.

Dalam Pelaksanaannya, STIKes Mahardika memfokuskan diri dalam bidang pendidikan tinggi pada tingkat Strata Satu (S1), yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan. Pada tingkat Profesi yaitu Program Studi Pendidikan Profesi Ners. Serta, pada tingkat Diploma III yaitu Program Studi Kebidanan dan Rekam Medis dan Informasi Ksehatan. Sebagai salah satu institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan, STIKes Mahardika Cirebon tidak lepas dari sistem organisasi yang memiliki satu tujuan organisasi. Tujuan organisasi tidak akan tercapai tanpa adanya satu pengelolaan Sumber Daya yang Optimal.

Langkah optimalisasi pengelolaan Sumber Daya Manusia pada bidang kesehatan ini salah satunya adalah mengembangkan salah satu skema seleksi calon mahasiswa baru jalur khusus bagi siswa/i yang aktif dalam organisasi PMR  (Palang Merah Remaja) sebagai calon mahasiswa STIKes Mahardika. Skema ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa sosial sebagai anggota PMR selama di SMA/SMK/MA/Sederajat, sekaligus memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di STIKes Mahardika menjadi calon tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan intelektual tinggi, atau tenaga kesehatan yang memiliki jiwa sosial yang besar.  Diharapkan skema ini akan menghasilkan calon-calon tenaga kesehatan maupun penggerak masyarakat yang memberikan pemahaman tentang hidup sehat dan bersih. dengan pendekatan sosial melalui pengabdian pada masyarakat.

Pada Tahun Akademik 2018/2019 ini STIKes Mahardika mengalokasikan 75 orang dari kuota total 250 mahasiswa yang diterima di STIKes Mahardika, khusus bagi Anggota PMR, dengan beasiswa berupa bebas DPP sebesar Rp. 2.000.000 setiap semester selama kuliah di STIKes Mahardika, Proses seleksi akan dilakukan dengan seksama agar calon yang diterima memenuhi karakteristik seperti disebutkan pada poin kualifikasi pendaftar.

 

II. Kualifikasi Pendaftar

  1. Pernah menjadi Anggota PMR selama di SMA/SMK/MA/ Sederajat, yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) Palang Merah Remaja (PMR) atau dengan surat Pernyataan Kepala Sekolah/Pembina PMR  bahwa pendaftar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi Anggota PMR selama sekurangnya satu periode
  2. Sekurang-kurangnya lulusan tahun 2016 (diprioritaskan lulusan tahun 2018)
  3. Bersedia membantu Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Mensosialisasikan STIKes Mahardika
  4. Bersedia mengikuti dan mensukseskan setiap kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Pengembangan Ilmu Mahardika dan atau kegiatan STIKes Mahardika.

 

III. Periode Pendaftaran

Berkas Pendaftaran harap dikirim dengan map tertutup dan di sebelah kanan atas ditulis “Pendaftaran Jalur Anggota PMR”  kepada Ketua STIKes Mahardika c.q  Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Jl. Terusan Sekar Kemuning No. 199,  Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon.

Berkas lamaran dimasukkan ke dalam satu amplop dan dikirimkan langsung ke alamat: Jl. Terusan Sekar Kemuning No. 199, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon 45135.

Pendaftaran  mulai 01 Juni – 15 Juli 2018

 

IV. Berkas Pendaftaran

  1. Kartu Tanda Anggota (KTA) PMR atau Surat Pernyataan Kepala Sekolah/Pembina bahwa pendaftar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah/masih aktif menjadi anggota PMR
  2. Fotocopy KTP atau Surat Keterangan Kependudukan dari DISDUKCAPIL
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Surat Keterangan Lulus dari Sekolah
  5. Ijazah 3 lembar di legalisir (bisa menyusul)
  6. Fotocopy SKHUN 3 lembar di legalisir
Bagikan: