Kegiatan Bina dan Peduli Sehat Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika

KEGIATAN BINA DAN PEDULI SEHAT PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT


SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MAHARDIKA

Sehat merupakan salah satu modal yang dibutuhkan setiap individu untuk melakasanakn segala aktivitas dalam kehidupannya. Sehat adalah kondisi yang tidak hanya terbebas dari penyakit tetapi juga dari kecacatan yang mencakup aspek biologis, psikologis, social, spiritual dan budaya. Kesehatan individu bersifat unik, dinamis dan berada pada rentang sehat – sakit. Hal ini dipengaruhi diantaranya oleh faktor perilaku dan lingkungan.

 

Perilaku merupakan factor yang berasal dari internal individu mencakup pengetahuan, sikap dan tindakan. Perilaku dapat berubah-ubah setiap saat. Untuk mempertahankan perilaku yang baik dalam mencapai derajat kesehatan yang tinggi, maka diperlukan berbagai informasi-informasi yang tepat. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan kesehatan, konseling, membaca literature/buku-buku dan sharing informasi. 

STIKes Mahardika melaksanakan program-program pengabdian kepada masyarakat yaitu bina dan peduli sehat bersama dengan mitra kerja yaitu Darut Tauhid. Kegiatan yang dilaksanakan saat ini yaitu tanggal 14 September 2019 di Desa Tuk RW 10 Kec. Kedawung Kab. Cirebon  adalah pemeriksaan umum kesehatan, senam dan pendidikan kesehatan mengenai “Pencegahan Demam Berdarah”. Kegiatan dilaksanakan oleh dosen-dosen, UKM. Nursing Corps, HMPS Keperawatan dan tim peduli sehatan Darut Tauhid. Kegiatan dihadiri oleh bapak Kepala Desa Tuk, Ketua Kampung Siaga, Ketua Pokja Pendidikan dan diikuti warga masyarakat RW 10 .

 

Warga masyarakat RW 10 Desa Tuk berantusias dalam seluruh kegiatan yang dilakukan sampai acara selesai. Bapak Kepala Desa menyampaikan bahwa masyarakat harus sehat karena sehat merupakan modal utama dalam kehidupan. Bapak Kepala Desa juga menyampaikan agar warga dapat ikut serta dalam kegiatan-kegiatan pemeriksaan kesehatan, senam atau penyuluhan. Selain itu juga disampaikan agar kerjasama dan kegiatan-kegiatan serupa dapat dilakukan secara kontinyu agar seluruh warga sehat, memiliki perilaku sehat dan lingkungannya juga sehat.           

Bagikan: