Keperawatan Holistic

Hipnoterapi merupakan salah satu terapi komplementer yang digunakan sebagai pelengkap dari terapi medis atau konvesional. Mengacu pada Undang-undang Keperawatan No. 38 Tahun 2014 bahwa seorang perawat dapat mendirikan praktik mandiri dengan memberikan terapi hipnoterapi atau komplementer. Hipnoterapi pada dunia keperawatan, digunakan sebagai tindakan mandiri dalam memberikan asuhan keperawatan terutama pasien dengan gangguan rasa nyaman nyeri,trauma,cemas dan menenangkan pasien dengan rencana operasi.

Hipnoterapi Klinis sudah dikenal seluruh dunia termasuk Indonesia yang sudah mulai diterapkan bagi kalangan dokter, psikiater dan perawat sejak tahun 90an, namun di Indonesia masih minim sekali tenaga keperawatan mengenal tentak terapi hipnoterapi ini. Seiring dengan perkembangan teknologi bahwa terapi hipnoterapi dapat dilaksanakan di beberapa Rumah Sakit seperti RSCM, RS.Kanker Darmais,RS.Carolus Jakarta,RSHS.

Hipnoterapi baik digunakan pada saat menolong persalinan agar pada saat melahirkan pasien tersebut merasa nyaman bahkan dapat membantu memperlancar ASI. Hipnoterapi bekerja melalui gelombang otak seperti alfa, beta, theta dan delta. Gelombang ini lah yang bekerja dimana pasien merasa rileksasi, tenang dan nyaman.

Hipnoterapi banyak manfaatnya bagi kesehatan terutama untuk menghilangkan kecanduan obat atau rokok, melangsingkan badan, menghilangkan trauma, terapi anak hiperaktif dan pada penyakit reproduksi serta banyak lainnya.

(Ahmad Syaripudin, S.Kep.,Ners.,C.CH)

Bagikan: