Kuliah Pakar Peluang Tenaga Kerja Kesehatan Perawat Bekerja dan Studi Di Luar Negeri

Kuliah Pakar yang diselenggarakan oleh STIKes Mahardika Cirebon dengan tema “Peluang Tenaga kesehatan Bekerja/Studi Di Luar negeri” merupakan salah satu kegiatan dari proses belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa/i terhadap peluang tenaga kesehatan baik perawat, bidan, kesehatan masyarakat untuk dapat bekerja atau bahkan melanjutkan pendidikan/Study di luar negeri. yang bertindak sebagai Narasumber pada kuliah pakar ini adalah Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto, beliau merupakan seorang Guru Besar di Universitas Jember.

Seiring dengan perubahan peraturan dan kebijakan negara lebih dari satu dekade lalu, para pemimpin Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015. Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. Ini akan mempengaruhi banyak orang, terutama pekerja yang berkecimpung pada sektor keahlian khusus. Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, perawat, pengacara, akuntan, dan lainnya. Pemerintah menjelaskan bahwa MEA mensyaratkan adanya penghapusan aturan-aturan yang sebelumnya menghalangi perekrutan tenaga kerja asing. Antisipasi anak bangsa dalam menghadapi MEA ini diantaranya adalah menyiapkan strategi dalam menghadapi pasar bebas tenaga kerja. Meningkatkan kemampuan dalam daya saing tenaga kerja dan meningkatkan peluang terutama perawat di negara sendiri maupun negara luar. dalam menghadapi persiapan MEA itu STIKes Mahardika khususnya harus meningkatkan kualitas kompetensi baik dosen maupun mahasiswa.

Pihak pemerintah dalam hal ini adalah KEMENRISTEK DIKTI membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk pertukaran pelajar nasional maupun internasional kerjasama penelitian, kerjasama program. selain itu juga program beasiswa.

Bagikan: