Latihan Oahraga Panahan Civitas Akademik STIKes Mahardika

Bertempat di Aula Kemuning hari kamis tanggal 8 Juni 2017 bertepatan dengan 13 Ramadan 1438 H   STIKes Mahardika Cirebon dengan menggandeng DPU Daarut Tauhid  mengadakan latihan bersama olahraga panahan. Acara ini dibuka oleh ketua STIKes Mahardika Cirebon Hj.Yani Kamasturyani, SKM., MH.Kes dan diikuti oleh perwakilan Civitas Akademika STIKes Mahardika Cirebon.

Sebelum acara panahan dimulai  para peserta mengikuti briefing dari rekan DPU Daarut Tauhid mengenai  pengenalan alat panahan, cara menggunakannya dan yang paling penting aspek keselamatan penggunaan panah  sehingga bisa berlatih  dengan aman. Setelah itu peserta diajak untuk melakukan pemanasan ringan  terlebih dahulu  untuk mencegah cidera otot.

Menurut ibu Hj. Yani Kamasturyani, SKM., MH.kes olah raga  memanah adalah salah satu dari tiga olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wassalam selain berkuda dan berenang.

Dan ternyata, olahraga ini pun punya banyak manfaatnya. Tak sekadar fisik, tapi juga efeknya secara psikis. Dengan olahraga panahan akan melatih  konsentrasi dan fokus yang optimal. Fokus adalah hal yang penting untuk mendapatkan kesuksesan sebagai seorang pemanah. Selain itu, mengembangkan fokus juga dapat memiliki dampak yang positif pada psikis kita. Semakin anda fokus terhadap terget anda, maka semakin mudah anda menjernihkan pikiran.  Fokus akan membantu anda meredam kekawatiran diluar panahan dan juga akan membatu anda untuk lebih fokus pada tugas dan pekerjaan anda.

Mari kita belajar memanah dengan belajar memanah tubuh menjadi sehat, sunnah nabi Muhammad pun dapat kita laksanakan.

 

[wds id=”31″]

Bagikan: