Lomba Poster Populer dan Karya Tulis Ilmiah dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, pada hari Sabtu, 30 November 2013 HIMA PSIK STIKes Mahardika Cirebon bekerjasama dengan LPPM STIKes Mahardika Cirebon mengadakan Lomba Poster Populer dan Workshop Karya Tulis Ilmah yang bertemakan “Ciptakan Generasi Berpotensi Yang Kaya Akan Penemuan Ilmiah Dan Penuh Kreatifitas Untuk Perkembangan Pengetahuan di Seluruh Dunia”.

Tidak hanya mahasiswa Keperawatan yang menghadiri kegiatan ini, namun mahasiswa Kebidanan turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan diawali dengan pemotongan pita oleh Cecep Triwibowo, S.Kep., M.Sc sebagai penanda pembukaan acara Lomba Poster Populer dan Workshop Karta Tuis Ilmiah. Acara dilanjutkan dengan penilaian poster populer yang diikuti oleh lebih dari 40 peserta, yaitu mahasiswa Keperawatan semester 3, 5 dan 7. Dalam penilaian poster, peserta diminta mempresentasikan tentang posternya di hadapan juri. Penilaian tidak hanya berasal dari juri saja, namun peserta yang tidak mengikuti Lomba Poster dapat memberikan penilaian dengan memberikan vote yang sebelumnya dibagikan stiker untuk untuk nanti ditempelkan sebagai vote ke poster sebagai penilaian poster terfavorit. Pemenang Lomba Poster terdiri dari juara I,II, Terfavorit I dan II. Juara I yaitu dipegang oleh Malynda Lukluk Sulistyorini dengan judul poster “Gastritis, Waspadai 5 Tanda dan Gejalanya”, juara II yang juga menjadi juara Tervavorit I diraih oleh Anis Listiani dengan judul Poster “Gula Darah Tinggi?Cukup dengan OPK” Juara I dan II tersebut juga pernah menjadi finalis LKTI tingkat Nasional di Universitas Jederal Soedirman pada bulan Juni 2013 dan di Universitas Brawijaya Malang pada bulan Oktober 2013. Juara Tervavorit II diraih oleh Dedi Riyana.

Workshop Karya Tulis Ilmiah diawali oleh pemateri Cecep Triwibowo, S.Kep, M.Sc mengenai Membangun Budaya Menulis Mahasiswa yang kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua, yaitu Anggriyana Tri Widianti, S.Kep., Ns mengenai Dasar-Dasar Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

Kegiatan Lomba Poster dan Workshop Karya tulis Ilmiah tersebut yang dimotori oleh Dedy Firmansyah sebagai ketua pelaksana cukup mendapatkan antusias dari peserta terhadap kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menumbuhkan jiwa mahasiswa yang kritis dan analitis terhadap suasana akademik yang ilmiah. HIDUP MAHASISWA!

Bagikan: