Mahasiswa STIKes Mahardika Masuk Sebagai Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Poster Populer Tingkat Nasional di Universitas Brawijaya Malang

ama STIKes Mahardika kembali terangkat karena mahasiswanya menoreh karya dalam ajang imiah di tingkat nasional. Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika Cirebon berhasil masuk sebagai finalis dalam kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Poster dalam Nursing Scientific Festival 2013 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang.

Kegiatan Nursing Scientific Festival (NSF) sendiri merupakan suatu rangkaian acara yang terdiri dari berbagai lomba dan seminar keperawatan. Adapun beberapa kompetisi yang diadakan meliputi lomba Debat, LCT (Lomba Cerdas Tangkas), Karya Tulis Ilmiah, serta Poster Populer. Acara ini tidak hanya bertujuan untuk mengadu pengetahuan, kemampuan dan keahlian mahasiswa keperawatan, tetapi juga sebagai salah satu upaya mempererat silaturahmi dan rasa persaudaraan di antara mahasiswa keperawatan S1 se-Indonesia.

Dalam kegiatan ini, STIKes Mahardika Cirebon mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti seleksi Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Poster Populer dengan judul “Android Ponnin (Aerosol Dispenser Flavonoid, Saponin dan Tannin) Daun Muntingia Calabura L. Sebagai Alternatif Pencegahan Infeksi Pernafasan Akut (ISPA)” yang diangkat oleh kelompok yang beranggotakan Malynda Lukluk Sulistiorini, Diana Tuzzahro dan Anis Listiani ini berhasil masuk dalam 10 besar finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah. Urutan 10 besar finalis tersebut yaitu universitas Gadjah Mada sebagai finalis ke-1,2,6,7 dan 10, Universitas Brawijaya sebagai finalis ke-3, Universitas Airlangga finalis ke-4, Universitas Udayana finalis ke-5, STIKes Muhamadiyah Lamongan finalis ke 8 dan STIKes Mahardika sebagai finalis ke-8. Pada bulan Juni 2013 lalu, kelompok ini juga berhasil meraih juara ke-8 LKTI tingkat nasional di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto.

Sementara itu untuk lomba poster, perwakilan STIKes Mahardika Cirebon yang diwakili oleh Dewi Irawati dan Andri Cahya Fadhilah, berhasil masuk di peringkat 5 besar dengan poster mereka yang berjudul “Pneumonia Balita, Cegah Dengan 5B, Waspadai 3 Tanda Gejala”. Kelompok ini merupakan satu-satunya STIKes yang masuk sebagai finalis untuk bersaing dengan universitas Brawijaya yang masuk sebagai finalis ke-1,2,3,dan 5. Adapun untuk presentasi lomba KTI dan Poster Populer akan diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang.¬† Dengan adanya keberhasilan mahasiswa masuk dalam kancah Nasional, diharapkan mahasiswa STIKes Mahardika akan terus¬† meningkatkan jiwa kompetisi.

Bagikan: