Naskah Publikasi Tugas Akhir Mahasiswa STIKes Mahardika

Perguruan  tinggi merupakan wahana pembelajaran dan pengetahuan. Pendidikan tinggi  berfungsi mengembangkan atau membentuk kemampuan, watak, kepribadian manusia  melalui pelaksanaan tri darma perguruan tinggi yang mencakup pendidikan,  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dharma pendidikan bertujuan untuk menguasai,  menerapkan dan menyebarkan nilai-nilai luhur, ilmu pengetahuan, teknologi, seni  dan olah raga. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui  internalisasi pengetahuan, sikpa, keterapmilan, kompetensi, dan akumulasi  pengalaman kerja (Perpres RI, No, 8 Tahun 2012, Bab I Pasal 1)”.

Capaian  pembelajaran tersebut akan diperoleh apabila proses pembelajaran, penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan mengacu pada standar-standar  pendidikan dan ketentuan-ketentuan akademik.
Menurut  Standar Nasional Pendidikan Tinggi tentang Standar Penelitian (2014) dijelaskan  bahwa mutu hasil penelitian adalah semua luaran yang dihasilkan melalui  kegiatan yang memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai  otonomi keilmuan dan budaya akademik.

Pada  akhir masa program pendidikan Tinggi strata I maupun Diploma III, mahasiswa  memiliki kewajiban untuk menyusun sebuah tugas akhir yang berupa karya ilmiah  dalam bidang keilmuannya. Tugas akhir bagi program pendidikan sarjana adalah  Skripsi dan program pendidikan Diploma III adalah Karya Tulis Ilmiah (KTI).  Kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum inti yang dilaksanakan di STIKes  Mahardika.
Penyusunan  Tugas Akhir (TA) ini sebagai wujud penerapan penguasaan seluruh kompetensi  mahasiswa selama menempuh program pendidikan terutama dalam bidang kompetensi  pengembangan pola piker kritis, logis dan etis berdasarkan analisis ilmiah dan evidence basen practice penggunaan  teknologi dan informasi ilmu pengetauhuan khususnya kesehatan secara efektif  dan bertanggung jawab yang sesuai dengan standar yang berlaku atau secara  kreatif dan inovatif dalam bidang keilmuannya sehingga terpenuhi capaian  pembelajaran lulusan.
Berdasarkan  Standar Nasional Pendidikan Tinggi tentang Standar Penelitian (2014) pun  dijelaskan bahwa hasil penelitian wajib disebarluaskan dengan cara  diseminarkan, dipublikasikan, dipatenkan, dan/atau cara lain yang dapat  digunakan untuk hasil penelitian kepada masyarakat. Oleh karena itu, maka  kegiatan dan hasil penelitian harus memegang teguh kaidah-kaidah ilmiah, norma  dan etika penelitian agar terhindar dari plagiasi ataupun penyalahgunaan  konsep-konsep keilmiahan dan pengetahuan lainnya sehingga dapat dipertanggungjawabkan  secara ilmiah.

Untuk  dapat mewujudkan hal tersebut diatas, maka diperlukan pemahaman secara  komprehensif tentang karya ilmiah dan berbagai norma serta etika dalam  penyusunan maupun pelaksanaan tugas akhir baik mahasiswa maupun pembimbingnya.  Keseragaman dalam penulisan karya iliah diperlukan pada setiap Perguruan Tinggi  untuk menciptakan suatu karakter lulusan Perguruan Tinggi tersebut. Suatu  karakter diharapkan dapat menjadi cirri khas dan salah satu wadah promosi dan  sosialisasi bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika Wilayah III Cirebon.

Berdasarkan  hal tersebut, STIKes Mahardika meyelenggarakan kegiatan pemaparan program  pelaksanaan dan sistematika penyusunan Tugas Akhir (TA) untuk semua mahasiswa  tingkat akhir dengan tema “Tugas Akhir sebagai Implementasi Karya Ilmiah yang  Beretika, Bernorma dan Berbudaya Akademik”.

Untuk materi PowerPoint bisa diunduh dibawah ini:

Naskah Publikasi
Karakteristik Tugas Akhir
Pencegahan Plagiat

Bagikan: