Pelatihan Etik Dasar Penelitian Kesehatan

Pelatihan Etik Dasar Penelitian Kesehatan dengan tema Etik Dasar Dalam Penelitian Dengan Mengikutsertakan Manusia Sebagai Subyek” yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 30 sampai dengan 31 Maret 2019, bertempat di Gedung Giok, Hotel Zamrud, Jl. Dr. Wahidin, Kota Cirebon diikuti oleh 24 peserta dari Komisi Etik STIKes Mahardika serta dari beberapa perguruan tinggi di Cirebon, Purwokerto dan Majalengka.

Pelatihan Etik Dasar Penelitian Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Prinsip-prinsip dasar etik penelitian kesehatan, pengenalan standar operasional dan prosedur persetujuan etik, berbagai macam etik dalam penelitian kesehatan serta tanggung jawab dan integritas peneliti.

Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam proses ethical review melalui latihan penyelesaian studi kasus serta peningkatan kapasitas dan standar etik penelitian kesehatan bagi calon anggota komisi etik penelitian kesehatan khususnya di STIKes Mahardika.

Dilaksanakan selama 20 jam pelajaran serta dipaparkan 28 materi pelatihan. “Wawasan etik dalam Penelitian kesehatan terdiri dari 3 prinsip etik (1979), 7 Standar Kelaikan WHO (2011), dan 25 Butir Pedoman WHO-CIOMS (2016)”. Sebagai narasumber pada pelatihan etik dasar ini adalah dr. Triono Soendoro, Ph.D serta Drs. Sawidjan Gunadi, M.Kes dari Kementrian Kesehatan RI.

Bersamaan dengan kegiatan pelatihan ini ditetapkan pula secara resmi tim Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) STIKes Mahardika yang diketuai oleh Ns. Dewi Erna Marisa, M.Kep.

Bagikan: