Pengabdian Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa STIKes Mahardika Gelar Cek Kesehatan dan Senam bagi Lansia

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika sebagai salah satu kampus kesahatan di Cirebon, menggelar pengabdian masyarakat bagi warga lanjut usia (lansia) di RW 03 Karyamulya Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon Jumat, 12 Agustus 2022. Pengabdian masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan dosen dan mahasiswa serta masuk ke rangkaian Dies Natalis ke 20 Tahun STIKes Mahardika.

Ketua STIKes Mahardika Dr. Hj.  Yani Kamasturyani, SKM., M.H.Kes menerangkan, Alhamdulillah STIKes Mahardika berhasil menggelar tridahrama perguruan tinggi diantaranya cek kesehatan dan senam bagi lansia. Cek kesehatan seperti pengecekan tensi darah, cek gula darah, dan cek asam urat sera senam. Kali ini memfokuskan bagi lansia di RW 03 Karyamulya, dimana lokasi Kampus STIKes Mahardika sendiri berada.

“Mereka para lansia turut gembira mengikuti senam bersama dan cek kesehatan, kegiatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa Prodi Ners dan Prodi Kesehatan masyarakat, ini masuk ke dalam tridharma perguruan tinggi,”ucapnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya berharap keberadaan STIKes Mahardika dapat membawa manfaat bagi lingkungan sekitar. Disamping itu kata  Yani, STIKes Mahardika sendri juga sudah memiliki daerah binaan yang menjadi lokasi titik fokus pengabdian masyarakat, lokasinya sendiri ditentukan oleh Dinas Kesehatan. Kali ini digelar di lingkungan kampus sendiri.

Ketua Program Studi Keperawatan Ns. Dewi Erna Marisa mengatakan, cek kesehatan dan senam diikuti sebanyak 60 lansia, cek kesehatan seperti ini sangat diperlukan bagi mereka agar mereka tetap sehat meski usianya tidak muda lagi.

“Penyakit yang sering terjadi bagi lansia diantaranya Hipertensi, diabetes, jantung, kolesterol, di usia  mereka harus rutin makan makanan empat sehat lima sempurna, disamping itu para lansia juga harus rutin untuk berolahraga,”ungkapnya.

Bagikan: