Pentingnya Kesehatan Reproduksi dan Cegah Kekerasan Seksual pada Remaja

Dalam rangka memupuk kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan cegah kekerasan nasional pada remaja, Program Studi Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika menggelar Seminar Kesehatan Nasional Sabtu, 28 Mei 2022. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta kategori umum, tenaga kesehatan, mahasiswa dan pelajar lewat aplikasi zoom meeting.

Ketua Program Studi (Prodi) Kebidanan STIKes Mahardika, Rosalia Rahayu S.ST., M.Kes menjelaskan, kesehatan reproduksi adalah kunci dari lahirnya remaja yang produktif dan berjiwa sehat. Menjaga kesehatan organ reproduksi ini juga merupakan hal yang penting, karena terkait dengan bagaimana kita menjamin keberlangsungan hidup manusia dari generasi ke generasi sepanjang siklus kehidupan, sehingga generasi berikutnya bisa lebih berkualitas.

“Dengan tema yang diusung yaitu Pendidikan Kesehatan Reproduksi Sebagai Kunci Lahirnya Remaja Berjiwa Sehat dan Bebas dari Kekerasan Seksual, dalam seminar nasional ini juga bertujuan untuk mencegah dan menghindari kekerasan seksual,”ujarnya saat dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp.

Rosalia mengatakan setiap remaja terutama perempuan wajib menyayangi dirinya sendiri dengan menjaga dan memelihara organ reproduksinya agar dapat melahirkan generasi berkualitas serta hendaknya memiliki keberanian dalam menolak segala bentuk kekerasan seksual.

Adapun dengan dua tema yang dibahas disini kami menghadirkan dua pemateri kompeten, untuk materi kesehatan reproduksi kami menghadirkan Ketua IBI Cirebon Hj. Yeni Fitrianingsih SST.,M.Kes sementara untuk materi kekerasan seksual, disampaikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr. Agraini Sp.Kj., MM.Kes.

“Sementara untuk acara seminar di buka langsung oleh Ketua STIKes Mahardika Dr.Hj.Yani Kamasturyani S.K.M., M.H.Kes,”paparnya.

Bagikan: