Semiloka Kurikulum dengan tema Kurikulum Sebagai Pedoman Pembelajaran Yang Berbudi, Ilmiah, Berbudaya dan Tanggap dalam Pembangunan Bangsa

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika  menyelenggarakan  acara Semiloka Kurikulum  dengan tema “Kurikulum Sebagai Pedoman Pembelajaran Yang Berbudi, Ilmiah, Berbudaya dan Tanggap dalam Pembangunan Bangsa”  yang diselenggarakan tanggal 21 Agustus 2017 bertempat di Hotel Zamrud Cirebon.

Undang-undang No 12. Tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa pendidikan  tinggi merupakan suatu bagian dari sistem pembangunan nasional yang berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan  mengembangkan IPTEK sehingga memiliki daya saing sumber daya di era globalisasi dalam semua bidang kehidupan baik secara nasional maupun internasional.

Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) atau dikenal dengan Indonesian Qualification Framework  (IQF) dalam Peraturan Prewsiden no. 12 tahun 2012. KKNI terdiri dari sembilan level kualifikasi akademik sumber daya manusia di Indonesia. Level kualifikasi  tersebut menguraikan dan mengutamakan deskriptor kualifikasi pencapaian pembelajaran yang harus dipenuhi pada setiap level akademi (kesetaraan). Hal ini diharapkan akan mengubah cara menilai dan menerapkan kompetensi  seseorang mulai dari sistem, proses dan evaluasi pembelajaran sampai ijazah sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas  (formal, non formal atau informal) yang akuntabel dan transparan.

Salah satu komponen penting dalam standart pendidikan yaitu terpenuhinya capaian pembelajaran melalui penataan kurikulum secara terstandarisasi  dan diakui secara nasional maupun internasional.

Seiring dengan perkembangan pembangunan masyarakat dan kebutuhan lahan kerja baik secara lokal, regional, nasional maupun internasional serta perubahan perundangan dan peraturan-peraturan pemerintah tersebut maka diperlukan evaluasi  dan peninjauan standart pendidikan yang telah ada saat ini terutama proses pembelajaran dan kurikulum sehingga Visi, Misi STIKes Mahardika dan seluruh program studi dapat tercapai dan maksimal.

Kegiatan Semiloka Kurikulum tahun 2017 ini bertujuan untuk mengevaluasi, mereview dan mengembangkan arah dan standart proses pembelajaran dan kurikulum institusi maupun program studi di lingkungan STIKes Mahardika.

Semiloka Kurikulum ini menghadirkan pemateri yaitu ketua AIPNI ibu Surani, SKP., MHSc., PhD dan Ketua APTIRMIK ibu Nuryati, S.Far., MPH. Peserta adalah tim kurikulum, dosen, stakeholder, organisasi profesi, perwakilan mahasiswa dan ikatan alumni.

Bagikan: