Seminar Nasional Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3): Optimalisasi Budaya K3 Bagi Instansi Pelayanan Kesehatan dan Industri

Himpunan Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan  (STIKes) Mahardika Cirebon menyelenggarakan  Seminar Nasional  Keselamatan dan Kesehatan Kerja  dengan mengangkat tema “Optimalisasi Budaya K3 Bagi Instansi Pelayanan Kesehatan dan Industri”  hari sabtu,  14 Oktober 2017  bertempat di Berlian Convention Hall, hotel Zamrud Cirebon. Seminar Nasional tersebut dihadiri oleh civitas akademika STIKes  Mahardika, mahasiswa kesehatan masyarakat dari area Cirebon, Indramayu, Kuningan dan sekitarnya serta praktisi K3 baik dari instansi rumah sakit maupun industri.

Dalam seminar ini menghadirkan 2 pembicara yaitu : Doni Hikmat Ramdhan., SKM., MK3., PhD (Ketua Pusat Kajian dan Terapan K3 FKM UI) dan Arif Budiarto., MK3 (Safety & Industrial Hygiene Senior Analyst Pertamina Asset 3). Dalam paparannya  Membangun Budaya K3 ditempat Kerja merupakan hal yang tidak mudah untuk dicapai, tingginya tingkat kecelakaan menjadi tanda yang jelas bahwa budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) masih rendah.  Terbukti dengan angka data secara keseluruhan  bahwa setiap tahun 270 juta pekerja mengalami gangguan pada tempat kerjanya. 2,3 juta pekerja meninggal atau setiap 3 menit 1 orang meninggal akibat kerja.

Maka diperlukan upaya untuk membudayakan K3 yaitu dengan :

  1. Definisikan Peran dan Tanggung Jawab (Rule and Responsible)
  2. Komunikasikan Visi dan Misi Perusahaan
  3. Tingkatkan Akuntabilitas Semua Pekerja
  4. Pelaporan Insiden
  5. Tinjau Ulang Sistem Investigasi Kecelakaan
  6. Sediakan Wadah Komunikasi
  7. Bangun Kepercayaan

Kita yang lahir dan besar di Indonesia, tentunya memiliki amanah untuk membangun budaya K3 dalam upaya melindungi para pekerja/warga negara dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja, amanah membangun negara ini sejajar bahkan lebih baik lagi dibanding negara lain sebagai negara yang menjungjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia melalui praktik K3 di berbagai bidang/sektor, dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk saling mengingatkan dan menjaga satu sama lain. Mari luangkanlah waktu untuk berpikir dan bertindak membangun budaya keselamatan untuk negara sesuai dengan peran dan tanggungjawab masing-masing, baik tingkat terendah maupun tingkat tinggi, baik skala mikro maupun makro. Mulailah dari kita, dari yang kecil, dan dari sekarang.

Akhir seminar diisi dengan pembagian doorprize bagi peserta seminar yang beruntung dan foto bersama dengan pembicara.

Bagikan: