STIKes Mahardika Sukses Gelar Rakerda ISMKMI Jabar 2021

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika sukses menggelar Rapat kerja daerah (Rakerda) Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) Jawa Barat (Jabar) 2021. Meski digelar secara online karena masih dalam situasi pandemi, Rakerda ISMKMI Jabar 2021 ini, berjalan lancar dan diikuti ratusan perwakilan dari masing-masing kampus kesehatan dari sejumlah daerah.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Kesehatan Masyarakat STIKes Mahardika, An Nissa Muliansyah mengatakan, Rakerda ISMKMI Jabar 2021 digelar pada Sabtu-Minggu, 7-8 Agustus 2021 dengan sistem online menggunakan zoom Cloud Meeting.

Rakerda ISMKMI Jabar 2021 sendiri di buka Ibu Ketua STIKes Mahardika, Hj. Yani Kamasturyani, SKM., MH.Kes mewakilkan kepada Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Jaenudin, SKM, MPH. Rakerda ISMKMI Jabar 2021 ini STIKes Mahardika menjadi tuan rumahnya.

“Di hari pertama Rakerda ISMKMI 2021 itu ada pelaksanaan ITOPH ( Intermediate Training Of Public Health ) ITOPH ini merupakan kegiatan capacity building yang ada di ISMKMI. ITOPH ini diikuti delegasi atau peserta yang sudah mengikuti BTOPH ( Basic Training Of Public Health),” ungkap An Nissa saat ditemui di Gedung Aula Kemuning.

Nisa menambahkan jadi dalam ISMKMI itu ada training bertingkat, dari tingkat institusi ada BTOPH kemudian di daerah itu ada ITOPH, dan tingkat nasional sendiri ada ATOPH ( Advance Training Of Public Health ) ini sudah masuk ke dalam capacity builldyng tingkat akhir.

“Peserta yang ikut dalam ITOPH sedikitny ada 118 orang peserta, mereka datang dari berbagai kampus kesehatan yang ada di Provinsi Jawa Barat maupun dari luar Provinsi Jawa Barat, karena memang tingkat pengkaderan daerah yang masuk dalam lingkup ISMKMI, ada juga dari daerah Kalimantan dari Jambi,” jelas An Nissa.

Lebih lanjut dikatakan An Nissa adapun untuk puncak sendiri ada Rakerda untuk menentukan kepengurusan baru, dan ditutup dengan pelantikan kepengurusan baru, penutupan dilakukan langsung oleh Ketua STIKes Mahardika, Hj. Yani Kamasturyani, SKM., MH.Kes.

Ketua STIKes Mahardika, Hj. Yani Kamasturyani, SKM., MH.Kes menyambut baik dengan digelarnya Rakerda ISMKMI Jabar 2021 di STIKes Mahardika, meski digelar secara online melalui zoom meeting pelaksanaan Rakerda berjalan dengan baik, dalam Rakaerda ISMKMI sendiri juga terpilih pengurus baru yang di ISMKMI pusat maupun di Jawa Barat.

“Dan disini mahasiswa STIKes Mahardika juga terpilih menjadi pengurus di pusat dan Jawa Barat, ini merupakan suatu kebanggaan bahwa mahasiswa kita telah membuktikan, bahwa melalui organisasi mereka mampu untuk turut serta masuk ke pengurusan di pusat maupun di Jawa Barat,” katanya saat ditemui di ruangan kerjanya.

Pihaknya selaku Ketua STIKes Mahardika ikut bangga, karena menurutnya organisasi adalah tempatnya mencetak para pemimpin bangsa, pihaknya beharap kesuksesan dengan mereka menggelar Rakerda ISMKMI Jabar 2021 ini, dapat diikuti dalam kehidupan nanti setelah lulus kuliah.

Bagikan: