Tetap Sehat Dimasa Pandemi Covid-19, Berikut Tips dari Dosen STIKes Mahardika

IMG20210806160238

Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita dituntut untuk bisa menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kesehatan seperti apa yang harus dilakukan, berikut penjelasan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu pertama kata Dosen Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) STIKes Mahardika, Jaenudin, SKM, MPH pertama tetap berada di rumah.

Tetap berada di rumah ini artinya adalah dengan mengurangi aktivitas sementara waktu di luar rumah, misalkan harus ke luar rumah itu jika situasi mendesak untuk keluar rumah.

“Kemudian yang ke dua adalah konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang supaya imunitas tubuh meningkat, ketiga mengurangi minuman mengandung bahan gula,”kata Jaenudin Rabu , 8 September 2021.

Dosen yang juga Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama ini menambahkan, tips sehat selanjutnya dimasa pandemi Covid-19 ini dengan cara menghindari konsumsi alkohol supaya tidak menimbulkan penyakit lain.

Jaenudin melanjutkan langkah lainnya dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit setiap harinya, selanjutnya jika WFH, jangan terlalu lama duduk, setiap duduk 30 menit, harus istirahat sejenak.

“Kemudian cara lainnya agar tubuh sehat di masa pandemi yaitu dengan stop merokok dikarenakan merokok dapat meningaktkan risiko infeksi dan memperparah komplikasi akibat Covid-19. Selain itu juga hindari stress, saling menguatkan antar keluarga, tetangga dan teman, beribadah sebagai penguat hati bahwa kita punya pelindung,” jelas pak jay panggilan akrabnya.

Langkah terakhir kata pak jay yaitu dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah menerapkan protokol kesehatan 5 M, ini sebagai bentuk ikhtiar agar tetap sehat meski dalam situasi pandemi.

Bagikan: